Selasa, 19 Agustus 2014

Tekhnik-Tekhnik Dalam DJ


 Ada berbagai macam teknik yang dapat diterapkan oleh seorang DJ untuk memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Yaitu:
1. mencampur suara (audio mixing) ,
2.cueing ,
3.slip-cueing ,
4.phrasing ,
5.memotong musik (cutting)
6,beat juggling ,
7. menggesek (scratching),
8.menyamakan ketukan (beat matching) ,
9. menjatuhkan jarum (needle drop) ,
10. menggeser fasa (phase shifting) , dan masih banyak lagi.

 Gumpal Yoo yoow atas broow.. gumpalnya gumpal atas kening. Begitulah bunyi seorang rapper yang kerap erat kaitannya dengan DJ (Joki cakram). Mungkin DJ itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bermain DJ juga incl. cara untuk sehat, karena DJ juga pakai tenaga lho.

Mungkin bagi sebagian orang menjadi DJ itu sulit, sebenarnya sih gampang gampang susah. Nah berikut ini ada beberapa teknik yang biasa dan umum digunakan oleh para DJ.

1. CUEING
Cueing itu cara menentukan titik mengawali atau bahasa gampangnya membuat posisi mengawali sebuah lagu. Pembuatan Cueing ini bisa di awal lagu atau di tengah tengah lagu. Yah tergantung dari gimana kondisinya juga.

2. KALAHKAN MACHING
Kalahkan maching itu artinya penyamaan ketukan. Jadi ketukan yang tidak sama, bisa berubah jadi sama. Misalkan lagu yang pertama itu melambat batuan, lagu yang kedua itu melow melow galau. Lalu dengan teknik mengalahkan maching nada nya menjadi sama. Tentu saja dengan mengikuti ketukan lagu yang pertama.

3. CAMPURAN
Mencampur ini hampir sama dengan mengalahkan maching sebenarnya. Tapi untuk mencampur prosa lebih ditekankan kepada equaliser penyamaan.

4. PENGULANGAN
itu memutar lagu berulang ulang tergantung dari ketukannya pengulangan. Pengulangan itu berguna untuk mengulur waktu demi menyamakan mengalahkan aja, jadi pas kita denger lagu kok ada 2 lagu. Simpal Itu adalah teknik dipadu dengan mencampur.

5. CUTING
Sesuai dengan kata MEMOTONG artinya memotong. Jadi teknik cuting adalah memotong lagu sebelum lagu yang dimainkan habis. Itu mempermainkan kata-mengata pemilihan waktu perlu yang tepat sebelum nyambung ke lagu berikutnya. Kalau engga tepat, bisa bisa engga enak di dengar lh

0 komentar:

Posting Komentar